Lima Tahun Perjalanan UKM FOKUS

Bangil, Dalwa Berita- Sabtu (7/3/2020) UKM FOKUS (Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Diskusi) menggelar acara pelantikan dan reuni lintas generasi bersama seluruh alumni dari angkatan 2015-2016 sampai dengan sekarang. Malam keakraban yang bertemakan “Lima Tahun Perjalanan UKM FOKUS”, dilaksanakant di Dalwa Café Syariah pada pukul 21.30 WIB

Selain melantik ketua baru, acara ini sengaja diadakan guna mempererat tali silaturahmi antar generasi. Sesuai jargon yang mereka usung, berkarakter aktivis berjiwa akademis. Forum ini juga bertujuan untuk menjadikan pemuda yang berfikir kritis bukan apatis terhadap suatu masalah. Tidak hanya mengkritisi, tapi juga menyiapkan solusi. Serta belajar cara menyampaikan argumen secara dialogis dan diplomatis.

Dalam sambutan oleh ketua baru, Ahmad Dzulqisthi menyampaikan bahwa ia hanya  menjalankan amanat. “Ya, Alhamdulillah, saya dipercaya sebagai pemegang amanat dan Insya Allah saya akan menjalankan amanat ini sebaik mungkin. Saya berharap kita bisa mengulang kembali torehan sejarah emas yang dulu telah diciptakan di zaman-zaman sebelum saya.

Mengingat kembali sejarah singkat didirikannya UKM FOKUS, dalam sambutan yang disampaikan oleh mantan Presma sekaligus alumni UKM FOKUS, Abdurrahman mengungkapkan bahwa UKM FOKUS ini sudah berdiri sejak zaman Abuya Hasan. “Kalau kita lihat dari sejarah, sebenarnya UKM FOKUS sudah ada sejak zaman Abuya Hasan, Tapi sayang, pada saat itu sempat vakum. Akhirnya pada tahun 2015 pada masa atau zamannya Ilham Baihaqi mulai bangkit lagi dari hibernasinya, tapi kita disitu berfikir alangkah baiknya kalau kita membuat jargon. Akhirnya Kholid menemukan ide dan mencetuskan slogan “berkarakter aktivis, berjiwa akademis” yang mempunyai makna berfikir kritis bukan apatis terhadap suatu masalah, tidak hanya mengkritisi, tapi juga menyiapkan solusi. Serta belajar cara menyampaikan argumen secara dialogis dan diplomatis. Pemuda asal Pontianak ini juga mengungkapkan bahwa karena UKM FOKUSlah ia mendapat banyak pengetahuan informasi atau wawasan baru. Dalam akhir sambutannya Ia berharap semoga dengan hadirnya UKM FOKUS, dapat menjadi wadah dalam mencetak pemuda yang berfikir kritis, bukan bersifat apatis apalagi anarkis serta dapat berargumentasi secara dialogis dan diplomatis, serta memiliki integritas.

Turut hadir dalam acara ini, presiden BEM yakni Habib Fuad Segaf, mantan presma Abdurrahman, Irfan Ilham, pengurus harian Al-hasaniyyah Dalwa, juga para jajaran tamu undangan. “Alhamdulillah, acara meriah semoga acara ini dapat berlangsung kedepannya, sehingga kita para alumni dapat temu kangen dengan teman-teman”. Pungkas Ari, demisioner UKM FOKUS.Syaikhon/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *