IAI Dalwa Terakreditasi “BAIK SEKALI” BAN-PT Versi 3.0

Keberhasilan IAI Dalwa meraih peringkat akreditasi “Baik Sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mendapatkan banyak apresiasi baik dari internal institusi maupun dari masyarakat. Sebagai Satu-satunya Perguruan Tinggi di Pasuruan yang mendapatkan nilai akreditasi “Baik Sekali” yang menggunakan instrumen akreditasi Perguruan Tinggi versi 3.0, menjadikan IAI Dalwa unggul dalam nilai akreditasi setelah sebelumnya Prodi KPI dan BKI Fakultas Dakwah terakreditas “B” di penghujung tahun 2020.

Penilaian Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi dengan Instrumen (APT) Versi 3.0 Institut Agama Islam Darullughah wa Da’wah Bangil Pasuruan dilaksanakan pada dua hari yaitu hari Senin dan Selasa, 23 – 24 November 2020 oleh tiga Asesor (1) Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag. (UIN Alauddin Makassar), (2) Prof. Dr. Deden Makbuloh, S.Ag.,M.Ag. (UIN Raden Intan Lampung), dan (3) Dr. Akhmad Rifai, M.Phil. (UIN Sunan Kalijaga Jogyakarta).

Pada Sesi cek validitas dengan Pimpinan Perguruan Tinggi, Asesor konfirmasi terkait: kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi pada Pimpinan perguruan dan Senat Perguruan Tinggi yang hal ini langsung di sampaikan oleh Pimpinan Dr.Segaf Baharun, M.H.I selaku Rektor IAI Dalwa dan Dr. Zainal Abidin, M.Pd. (Senat). Konfirmasi Data LKPT / Excel Data PT Penetapan data LKPT final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif Pimpinan perguruan tinggi  oleh Lembaga Penjaminan Mutu (Lembaga/fungsi Sejenis), Tim Akreditasi, Pengelola Sistem Informasi, Konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas SPMI yang meliputi seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala dan bukti tindak lanjut hasil SPMI yang direspondeni oleh Dr. Abdul Kadir,MA. selaku ketua LPM dan para anggota LPM.

Sedangkan pada Konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) serta Konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi);direspondeni oleh para Kaprodi , BAAK BAKU. Pada Sesi pertanyaan dengan Pemangku Kepentingan Eksternal dan alumni, Konfirmasi terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan dari stake holders external terkait luaran perguruan tinggi Pemerintah, pengguna lulusan (user), dan mitra kerjasama serta alumni. Pemerintah: di respondeni oleh Dr. Munip, M.Ag. (Kepala Kemenag Kota Pasuruan) untuk Pengguna Lulusan : Muhajir, M.I.Kom (PT Mahakarya), untuk Mitra Kerjasama : oleh Habib Hasan Al Jufri (Pimpinan Al Ahgaf Yaman di Indonesia), untuk Alumni: oleh Munawar Khalil, M.Pd.

Pada hari kedua Sesi dengan dosen Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen yang direspondeni oleh Roisul Burhani, S.Kom., M.Pd.I. dan Khalili Hasib, M.Ud. Sesi dengan Tenaga Kependidikan Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen Tenaga Kependidikan direspondeni oleh Ahmad Juaini, M.Pd. dan Sesi dengan Mahasiswa Konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa direspondeni oleh  Abdurrahman Fahmi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *