Hasil Asesmen Lapangan Prodi BKI Fakultas Dakwah Terakreditasi “B”

Bangil- Selasa (8/12) merupakan hari bersejarah bagi Prodi (Program Studi) BKI (Bimbingan Konseling Islam) Fakultas Dakwah IAI Dalwa. Betapa tidak, inilah hasil dari perjuangan seluruh tim akreditasi dari Kaprodi (Muhammad Syafiq, M.Pd) dan Sekprodi ( Alfan Arifuddin, M.Si), dosen BKI diantaranya Dr. Asep Rahmatullah, M.Pd, Muhammad Nasron, M.Pd.I, Galuh Andina Putri, M.Psi, maupun prodi-prodi yang lain untuk menuntaskan misi mendapatkan predikat akreditasi dari BAN PT. Kegiatan yang dilaksanakan pada 23-24 November 2020 telah mendapatkan hasil yang memuaskan.

Prof. Dr. Nasrudin Harahap, SU dan Prof. Dr. Abdul Basit, M.Ag merupakan asesor yang menilai selama dua hari. Kegiatan diawali dengan pembacaan dan penandatanganan pernyataan asasemen, dilanjutkan dengan penilaian butir kuantitatif dalam exel serta penilaian tata pamong, system pengelolaan dan rencana pengembangan program studi. Setelah itu berlanjut dengan mengkonfirmasi hasil dan efektifitas SPMI, evaluasi diri dan acara terakhir adalah pengecekan sarana dan prasarana yang dilakukan live oleh mahasiswa BKI melalui akun zoom.

Hari kedua berlanjut pada konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan dan kepuasan dosen serta tendik. Berlanjut dengan wawancara bersama mahasiswa serta stakeholder, yang dalam hal ini diwakili oleh H.A. Sahrandi,M.Pd.I selaku MUI Kota Pasuruan Bidang Dakwah dan Rohaniawan Rumah Sakit, dan H. Nurul Huda, S.Ag. Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kraton Pasuruan. Alhamdulillah sesi berlangsung dengan lancar dan tertib. Selepas itu, acara diakhiri dengan konfirmasi hasil penilaian oleh Prodi dari Asesor dan selanjutnya ditandatangani bersama.

Dengan demikian, tepat pada hari ini 8 Desember 2020 penilaian prodi BKI mendapatkan predikat “B”. “Kami sangat senang dengan hasil ini, meskipun tenaga tim terbagi menjadi dua, Karena pada saat yang sama juga berlangsung asasemen lapangan untuk institut. Jadi beberapa pihak harus melakukan wawancara langsung di asasemen prodi BKI, dan kembali lagi ke asasemen untuk institut” Ujar Ust Muhammad Syafiq selaku kaprodi BKI seusai menerima hasil dari BAN PT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *