Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Terakreditasi “B”

Pasuruan– Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah tahun 2021 ini mengajukan Akreditasi Program Studi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi telah dilakukan pada tanggal 15-16 Februari 2021. Proses Asesmen kali ini dilaksanakan secara daring sesuai dengan standart asesmen yang telah ditetapkan oleh BAN-PT. Asesmen ini berlangsung melalui aplikasi Zoom Meeting, para asesorpun melakukan asesmen dari tempatnya sedangkan Tim dari Program Studi Ekonomi Syariah bersama-sama berkumpul menerima visitasi asesmen di Rahat Room Dalwa Hotel Syariah Lantai 2.

Asesor yang ditugaskan melakukan AL adalah Prof. Dr. Yadi Janwari, MA. dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan Dr. Imamudin Yuliadi, M.Si dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, para asesor dengan sangat detil mengupas dokumen akreditasi yang telah disiapkan oleh Prodi terutama terkait bidang akademik.

Kegiatan hari pertama AL dimulai dengan pembukaan, pengenalan penel asesor kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan Asesmen Lapangan. selanjutnya penayangan video profil Prodi Ekonomi Syariah dan sarana dan prasarana di IAI Dalwa. Kemudian sesi tanya jawab kepada Dosen Ekonomi Syariah.

Pada hari kedua tim asesor mewawancarai beberapa pihak yang terkait dengan Prodi Ekonomi Syariah diantaranya Alumni Prodi ESy, Stakeholders ESy, mahasiswa ES, tenaga pendidikan dan lain-lain, Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Asesor. Kegiatanpun dilanjutkan dengan sesi konfirmasi dan klarifikasi data-data PS Esy (Borang 3 A dan Borang 3 B) dalam sesi ini para Asesor meneliti secara mendalam satu demi satu dokumen yang telah disiapkan oleh PRODI Esy IAI Dalwa. Sesi ini diakhiri dengan penyampaian masukan dari masing-masing asesor untuk Tim Akreditasi Prodi terkait perbaikan dokumen khususnya Evaluasi Diri.

Setelah sepekan pasca AL akhirnya Prodi Ekonomi Syariah IAI Dalwa meraih akreditasi “B” berdasarkan surat keputusan BAN-PT nomor :1017/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2021. “Alhamdulillah, patut syukur kepada Allah swt. yang memberikan hasil ini, itulah yg terbaik semoga berkah dan diridhoi oleh Allah swt. Hasil ini tidak lepas dari dukungan seluruh sivitas akademika IAI Dalwa yang semangat dalam berjuang tanpa mengenal letih dan lelah. Rasanya ruh ikhlas terpancar dari sivitas akademika IAI Dalwa, semua yang kami lakukan hanyalah untuk mengembangkan IAI Dalwa agar para mahasiswa bisa bersaing di kancah nasional dan internasional” Ungkap Ahmad Misbah, M.Pd.I Kaprodi Ekonomi Syariah IAI Dalwa ketika diwawancarai via telefon. H-san/red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *