Adopsi ILC, UKM Fokus Gelar DAC

Bangil, Dalwa Berita-Perkuat ketajaman analisis mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Diskusi gelar Dalwa Aktivis Club (DAC) pada Kamis malam (22/04) di depan gedung Binayah Jadidiyah. Acara yang digelar ditengah bulan Ramadhan tersebut membahas fokus permasalahan “Organisasi dimata Santri”. Kegiatan ini dikonsep seperti halnya ILC (Indonesia Lawyers Club). Hanya saja pembahasannya tidak terlalu berat. Dalam kegiatan ini terdapat kubu pro kontra sehingga acara makin hidup. Hal ini dibuktikan dengan jual beli argument oleh dua kubu. Tim kontra mengatakan bahwa organisasi bagi santri sifatnya kurang penting karena dapat menghilangkan niat awal. Sedangkan kubu pro menyanggah argument tersebut.

Khoiron salah satu pembicara pro mengatakan bahwa keorganisasian sangat penting karena merupakan wadah untuk menggapai sebuah tujuan. Diskusi ilmiah terbagi menjadi tiga sesi pertama menyangkut pentingkah organisasi, kedua plus minus organisasi dan ketiga penguatan kedua argument. Disela-sela pembahasan sesekali Husein sebagai moderator mempersilakan audien untuk menanggapi argumen kedua kubu.

Di akhir debat, Muqaddam BSA tampil sebagai closing statement. Dalam closingnya Ia mengapresiasi terselenggaranya acara ini khususnya pihak HMJ bidang UKM Fokus karena turut serta meramaikan panggung Ramadhan 1442 H. Selain itu, santri yang masih duduk di kelas Tiga Aliyah Diniyah tersebut juga memberi masukan agar tema yang dibahas lebih mengerucut. “Harusnya tema yang dibahas tidak membuat audien merasa ambigu. Karena tidak jelas organisasi mana yang dimaksud dan santri mana yang dimaksud. Sehingga pembahasannya terlalu melebar. Selain itu Ia juga juga berpesan agar menjunjung tinggi adab walaupun ketika berdebat. “Kita santri harus menjunjung tinggi adab. Gak boleh men judge fisik seseorang, harus tetap santun.”

Acara yang menarik ini berhasil membuat para santri menyimak hingga selesainya acara. Muhammad Sobar salah seorang santri mengapresiasi acara yang dimotori oleh UKM Fokus ini. “Ajib. Nyesel ana ga ngikutin dari awal” Ungkapnya. Ahmad Dzulqisthi, ketua panitia acara berharap agar acara ini dapat meningkatkan tajamnya analisis mahasiswa. “Ya tujuan awalnya untuk mempertajam analisis pemikiran mahasiswa” Ungkapnya ketika diwawancarai oleh salah satu kru Dalwa Berita. Kegiatan yang dimulai pukul 22.30 tersebut berakhir pukul 01.00 WIB dengan lancar.fahri/red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *