Talk Show “Teknik Jitu Menjadi Moderator” oleh UKM Fokus

Bangil, Dalwa Berita- Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Diskusi (UKM FOKUS) IAI Dalwa menggelar Talk show dengan tema “Teknik Jitu menjadi Moderator”, Jumat malam (3/9). Talk show yang bertempat di ruang pascasarjana tersebut mengundang mantan sekjen BEM IAI Dalwa, bung Irwan menjadi pembicaranya. Dalam materinya, bung Irwan memberikan rumus agar bisa menjadi seorang moderator yang handal rumusnya tersebut adalah P2SICAT.

P yang pertama adalah Paham definisi dan tugas moderator. Seseorang yang ingin menjadi moderator sebuah forum harus mengetahui terlebih dahulu apa itu moderator dan apa saja yang menjadi tugas dari moderator tersebut.

P yang kedua adalah Paham topik yang akan disampaikan. Seorang moderator minimal harus memahami setengah dari materi yang akan didiskusikan.

S yakni Susun Acara. Bagi seorang moderator, membuat rundown acara itu adalah salah satu cara agar forum bisa berjalan baik dan sesuai dengan apa yang akan dibahas.

I yakni Informasi mengenai narasumber. Seorang moderator harus mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang narasumber yang akan membawakan forum tersebut baik dari profesinya, jabatannya, prestasinya dan lain-lain.

CA yakni CAtatan kecil. Setelah moderator membuat rundown acara, hal selanjutnya yaitu menuliskannya ke sebuah catatan kecil yang mudah dibawa kemana pun. Tujuannya agar ketika kita lupa akan susunan acara kita bisa melihatnya ke catatan kecil tersebut. Sehingga forum tetap berjalan sesuai rundown yang telah ditentukan.

T yakni Terus berlatih. Berlatih dengan terus menerus itu akan membantu seorang moderator agar tidak gerogi saat forum berlangsung.

Ia  menambahkan bahwa menjadi seorang moderator itu harus faham forum apa yang akan dibawakan, harus cerdas, cermat, dan sigap dalam menangkap materi yang sedang dibawakan, memiliki etika dan yang terpenting adalah bisa mengendalikan suasana.

Terakhir, ia juga mengingatkan bahwa moderator itu harus netral, tak boleh berpihak kepada salah satu pendapat. tatkala suasana forum sedang memanas, moderator harus tetap bersikap dingin dan sebisa mungkin untuk bisa mencairkan suasana.Afdillah/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *