Seminar Ilmiyyah, Menapak Tilasi Kehidupan Al Imam Al Haddad

Bangil, Dalwa Berita- Untuk yang pertama kali Ponpes Dalwa mengadakan Daurah Al ‘ilmiyyah Al Bahtsiyyah dalam rangka memperingati Haul Quthb Ad-Da’wah Wal-Irsyad Syaikh Al-Islam Al-Imam Al-Habib Abdullah bin ‘Alawi Al Haddad yang dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa pada Kamis malam, (24/6). Halaqoh Ilmiyyah yang dilaksanakan di Qoah Ammah ini dihadiri oleh jajaran Asatidzah, dosen dan perwakilan-perwakilan dari berbagai organisasi Ponpes Darullughah Wadda’wah.

Acara peringatan Haul Al-Habib Abdullah bin ‘Alawi Al-Haddad kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jika kemarin para santri hanya mengadakan pembacaan surah Yasiin, Tahlil, dan pembacaan Manaqib. Haul kali ini ditambah dengan acara Bahtsul ‘Ilmiyyah atau seminar yang digagas oleh para Ashab Mutakhossis. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut turut mengundang Syekh Samih Al Kuhali, pengajar lulusan Ribath Habib Abu Bakar Al-Adni di Yaman , Al Habib Muhammad bin Tohir Al Haddad dan Al Ustadz Makki Lazuardi, Lc. Dosen IAI Dalwa sekaligus sebagai pemateri.

Dalam kegiatan ini juga diadakan presentasi oleh para santri dan mahasiswa mengenai kitab-kitab yang dikarang oleh Al Imam Haddad. Diantara kitab beliau yang dipresentasikan ialah kitab An Nashoih Ad Diniyyah, Diwan Al HaddadAdab Suluk Al MuridDa’watut At Taammah dll.

Sayyid Faqih Muqoddam BSA selaku ketua pelaksana berharap semoga dengan adanya acara ini kita semua dapat lebih menapak tilasi lagi Al Imam Al Habib Abdullah bin Alawi Al Haddad.

Al Ustadz Ismail Ayyub, M. Pd. I selaku ketua bagian kesiswaan juga berpesan bahwa kita harus banyak belajar apa pun, termasuk belajar mengadakan sebuah acara agar kelak nantinya para santri terjun ke masyarakat mereka sudah siap. “kita harus banyak belajar dari pengalaman acara-acara yang berlangsung seperti ini. Jadilah kalian peserta-peserta yang baik, karena pengurus yang baik berasal dari peserta yang baik. semoga acara ini bukanlah sebagai acara yang pertama dan terakhir,” Ujar beliau saat diwawancarai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *