Seminar Dapala : Berpetualang Dengan Etika

Bangil, Dalwa Berita- Rabu malam (28/7/2021) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta alam IAI Darullughah Wadda’wah atau yang lebih dikenal sebagai Dapala (Dalwa Pecinta Alam), mengadakan seminar bertajuk “Etika Berpetualang Dan Penerapan Ilmu Fiqih Di Alam Bebas.” Dengan pembicara Gus Bilal, Kadiv. Humas Dapala dan Ustadz Adlika sebagai Mutakhosis yang terkenal dengan kepakaran Fiqih beliau.

Seminar ini diawali dengan pemaparan arti dari berpetualang serta etika ketika berpetualang di alam bebas oleh Gus Bilal, diantaranya seperti mematuhi peraturan yang berlaku di daerah tersebut, perizinan, menghormati kehidupan alam dengan tidak buang sampah sembarangan, memetik tanaman, mencemari sumber air, vandalisme, berteriak kencang sampai mengganggu satwa yang ada.

Kadiv. Humas Dapala, Gus Bilal juga menginggatkan agar menjaga sopan santun terhadap sesama, baik kepada sesama pendaki, masyarakat setempat sampai kepada hal-hal yang ghaib.

Ust. Adlika sebagai pembicara kedua mengungkapkan bahwa aktivitas mendaki dan agama Islam itu tidak dapat dipisahkan. Karena aktivitas ini juga bisa bernilai ibadah. Ayat Al-Quran yang pertama diturunkan Allah SWT adalah  اِقْرَأ yang tak hanya memiliki arti sekedar membaca, tetapi mengamati dan mengambil pelajaran dari apa yang kita lihat. Dan sarana untuk kita agar bisa mengambil pelajaran dari penciptaan alam semesta ini adalah dengan mendaki itu sendiri.

Sebagai penutup beliau mengutip perkataan “Semakin dekat hati semakin melekat, ketika jauh hati semakin berlabuh”.Afdillah/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *