Masa PPKM, Sidang Munaqasyah Ilmiah diadakan Secara Daring

Bangil, Dalwa Berita- Masa pandemi dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk menyelesaikan dan melaksanakan kewajiban akademiknya, Tak hanya pembelajaran sekolah atau pun perkuliahan yang digelar secara daring atau online, ujian akhir mahasiswa berupa sidang skripsi juga dilakukan secara online seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Hukum Kekeluargaan Islam (HKI) IAI Dalwa, Farhan Fadhillah. Ujian yang dilakukannya secara daring ini dilaksanakan pada Ahad (29/8). Dia mempresentasikan skripsi dengan judul Studi Kooperatif Pernikahan Antar Saudara Turun Tiga Menurut Hukum Islam dan Adat.

Diselenggarakannya sidang secara daring ini membuat Farhan fadhillah merasakan manfaat banyak hal, di antaranya, yakni kemudahan dalam melakukan sidang dan yang terpenting dirinya tak terlalu deg-degan saat ujian berlangsung.

“Menurut saya, ujian secara online itu lebih enak, selain karena lebih mudah, juga gak terlalu deg-degan” ujarnya.

Ia mengaku dirinya sangat berkesan dengan adanya ujian ini. “Sangat berkesan sekali pada ujian ini, karena bagaimanapun juga ujian ini adalah ujung dari studi kita di IAI Dalwa, sehingga ujian ini bisa menambah pengalaman saya yang akan selalu menempel pada hidup saya, karena pengalaman seperti ini hanya sekali”.

Pada sidang skripsi kali ini IAI Dalwa baru mengujikan 18 peserta dari prodi (Hukum kekeluargaan Islam), (HKI), Bimbingan Konseling Islam (BKI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Pesan para penguji dan ketua sidang bahwa mahasiswa nantinya setelah sidang skripsi segera mempersiapkan diri untuk melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi yaitu Pascasarjana IAI Dalwa yang saat ini sudah tersedia Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab dan Magister Pendidikan Islam.

Adapun pelaksanaannya hanya akan digelar pada hari Ahad dan kamis saja. “untuk yang sidang pada bulan ini cuma dua hari saja, Ahad dan kamis”. Ujar Isa, bagian Staf Prodi HKI.Afdillah/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *