Kobarkan Gelora Perjuangan Pahlawan, UKM Fokus Gelar Nobar “The Battle Of Surabaya”

Bangil, Dalwa Berita- Jum’at malam (13/08/21), dalam rangka menyambut tahun Kemerdakaan Republik Indonesia,  Ponpes Darullughah Wadda’wah bersama UKM Fokus menggelar nonton bareng untuk mengisi hari-hari jelang 17 Agustus.

Nobar tersebut di mulai pukul 09.00 WIB di halaman pondok tahfidz Dalwa 4. Film dengan tajuk “The Battle Of Surabaya” tersebut menghipnotis para santri, hal ini dibuktikan dengan antusias mereka dalam mengikuti setiap alur cerita yang terkandung didalamnya. Selain penyajian yang mudah dipahami film ini sekaligus dikemas dengan versi animasi, sangat cocok bagi selera para santri yang sangat suka dengan kartun kartun animasi.

Film tersebut  menceritakan petualangan seorang pemuda bernama Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya.

Cerita dibuka dengan visualisasi dahsyat dari pengeboman kota Hiroshima oleh Sekutu yang menandakan menyerahnya Jepang. Tetapi semua itu belum  berakhir, langit Surabaya kembali merah dengan peristiwa Insiden Bendera dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi oleh Belanda.

Ditambah lagi oleh gangguan beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam yang dilawan oleh Pemuda Republiken. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain yang membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo dan pemuda Indonesia untuk bangkit melawan penjajahan.

Ardiansyah, salah seorang santri yang menyaksikan film tersebut berharap hal seperti ini dapat rutin dilaksanakan setiap tahun agar santri-santri mengetahui semangat juang pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “Ya, saya berharap agar acara seperti ini dapat diadakan setiap tahun”

Selain itu, Sholeh selaku ketua UKM Fokus mengungkapkan dengan diadakannya nobar film tajuk The Battle Of Surabaya diharapkan santri-santri dapat mengambil pelajaran perjuangan pahlawan terdahulu. “Itu yang saya harapkan. Santri-santri dapat mengetahui semangat juang yang tinggi dari para pahlawan bangsa”

Rencananya acara seperti ini akan menjadi even tahunan yang diputar setiap menjelang tanggal 17 Agustus.Sandi/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *