HMJ MPI Adakan Webinar dalam Rangka Memperingati Hari Santri

Pada hari Ahad, 24 Oktober 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (HMJ) mengadakan webinar dalam rangka memperingati hari Santri.

HMJ MPI mengundang dua pemateri yaitu Dr. Imaduddin, M.Pd.I dan ust Suryanto, M.Pd.I sekaligus sebagai Dosen Tetap yang berhome base di Prodi MPI.

Dalam pemaparannya, ust Suryanto,M.Pd. mengupas tema Kemandirian Santri dan pesantren di era disrupsi. Beliau menyatakan bahwa santri harus memiliki semangat yg tinggi, istiqomah dan disiplin. “Coba kita lihat yang sudah mempraktekkan ketiga tersebut ternyata banyak dilakukan oleh non muslim, padahal yang memiliki dalil tersebut yaitu orang muslim khususnya santri dan pesantren”. Ujarnya.

“Misalnya semangat dan disiplin dalam pembelajaran dibangku perkuliahan, kayaknya yang perlu pembelajaran itu dosen dari pada mahasiswanya, dosen datang duluan sedangkan mahasiswa datang terlambat bahkan tidak masuk sama sekali dan ketika ujian akhir semester baru nampak kelihatan bahwa mahasiswanya banyak karena hadir di kelas”. Ungkapnya.

Beliau menambahkan pembahasannya yang kedua yaitu Indonesia sangat beruntung dengan pesantren. karen kekuatan Indonesia khususnya Islam itu adalah pesantren. “Coba kita lihat di negara lainnya hancur Karena tidak lemahnya pendidikan pesantrennya, seperti Irak, Mesir dan negara Islam lainnya”. Ungkapnya.

Sedangkan Pemateri kedua dalam Webinar tersebut yaitu Dr. Imaduddin,M.Pd dengan tema: Peran Santri dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Ashar Bashir selaku moderator menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga kepada kedua pemateri, karena dengan webinar ini para mahasiswa sekaligus santri semakin memahami perannya baik di masyarakat, Negara khususnya pada agama kelak. Dengan hari Santri ini moderator menekankan kepada para peserta Webinar untuk terus semangat menimba ilmu sehingga nantinya akan memberikan manfaat besar pada agama dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI). Randisyah/Red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *