Dosen IAI Dalwa Kembali Raih Gelar Doktor di UIN Malang

Pada hari Kamis, 14 Oktober 2021 di Aula Gedung C Lt. IV Pascasarjana UIN Malang menjadi momen yang sangat mengharukan bagi Dr. Syamfa Agny Anggara setelah dua jam mempertahankan Disertasinya dengan judul “Aktivitas Bahasa dalam prespektif  ACTFL di pondok Darullughah Wadda’wah dan pondok Sidogiri” dihadapan tujuh Dewan Penguji yaitu (1) Prof. Dr. H. Bakri Mohamed Bakheet, (2) Dr. H. Syaiful Mustofa, M.Pd.,MA., (3) Dr. Hj. Mamluatul Hasanah,M.Pd., (4) Prof. Dr. H.M. Zainuddin,MA., (5) Drs. H. H. Basri Zain,MA.,M.Ph,D, (6) Prof. Dr. H. Nurul Murtadho,M.Pd. (7) Dr. H.M. Abdul Hamid,M.A. dan kemudian dinyatakan lulus dengan nilai Cumlaude. 

Promovendus baru Dr, Syamfa Agny Anggara yang mengambil konsentrasi keilmuan Pendidikan Bahasa Arab Program Doktoral Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dibawah bimbingan: Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd. dan Dr. M. Abdul Hamid, MA. menyampaikan bahwa aktivitas berbahasa memiliki peran yang besar dalam pembentukan kemampuan berbahasa siswa. Kompetensi berbahasa siswa menjadi standar keberhasilan aktivitas bahasa yang ada di pondok pesantren islam.

Beliau menambahkan maksud tujuan dari penelitian tersebut diantaranya 1) Menyingkapkan aktivitas berbahasa di dalam dan luar kelas di pondok darullugah wadda’wah dan pondok sidogiri. 2) Menyingkapkan faktor pendukung dan penghambat aktivitas bahasa di pondok darullugah wadda’wah dan pondok sidogiri. 3) Menyingkapkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis di pondok Darullugah Wadda’wah dan Pondok Sidogiri yang sama-sama berlokasi di Pasuruan. Dalam penelitian tersebut beliau menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi multi kasus. Dan data yang dikumpulan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diguakan menggunakan analisis data model miles dan huberman dengan mengumpulkan data serta analisa, pemilihan, penyajian, dan penyimpulan.

Hasil penelitian itu menunjukkan aktivitas bahasa di pondok Darullugah Wadda’wah mencangkup aktivitas di dalam dan di luar kelas. Aktivitas di dalam kelas mecakup halaqoh pagi dan sore, pidato, drama, hafalan matan, dan pengumuman bahasa Arab. Sedangkan aktivitas di luar kelas mencangkup pidato, drama, hafalan matan, pengumuman bahasa Arab, dan majalah dinding. Seluruh aktivitas yang ada di pondok Dalwa ditujukan untuk pembentukan lingkungan berbahasa di dalam pondok. Adapun aktivitas berbahasa di pondok Sidogiri terdiri dari aktivitas di dalam dan di luar kelas. Aktivitas di dalam kelas mencangkup halaqoh, kelas tambahan, diskusi daerah bahasa, dan hafalan mufrodat. Sedangkan aktivitas di luar kelas mencangkup pidato, drama, hafalan matan, pengumuman bahasa Arab, dan majalah dinding. Aktivitas berbahasa yang ada di pondok sidogiri ditujukan untuk pembentukan lingkungan berbahasa khususnya di daerah bahasa. Seluruh aktivitas berbahasa yang ada di pondok Dalwa dan Sidogiri memiliki standar kesiapan dalam berbahasa yang meliputi standar komunikasi, budaya, hubungan, perbandingan, dan masyarakat.

Temuan formal dari penelitian tersebut mengindikasikan bahwa dalam prespektif ACTFL aktivitas berbahasa di pondok Darullughah Wadda’wah dan Sidogiri memiliki peran penting dalam pembentukan keterampilan berbicara dan membaca pada level mahir, madya tinggi, dan madya rendah khususnya pada tingkat tsanawiyah kelas non formal.

Direktur Pascasarjana IAI Darullughah Wadda’wah (IAI Dalwa) Bangil Habib Dr. Zainal Abidin,M.Pd. yang ikut serta menyaksikan ujian promosi Doktor Dr. Syamfa Agny Anggara menyampaikan rasa syukur kepada Allah yang tiada terhingga dengan pencapaian ini, dengan bertambahnya Dosen Tetap IAI Dalwa yang bergelar Doktor maka semakin cepat proses alih status dari institut menuju Universitas dan semakin memperkaya keilmuan dalam pendidikan bahasa Arab di IAI Dalwa. Direktur Pascasarjana berharap dengan gelar baru Dr, Syamfa maka akan menaikkan kualitas dan kuantitas bagi akademik khususnya kepada para mahasiswa dalam kekayaan intelektual bidang bahasa Arab.(Randisah/Red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *