“Stop Phubbing” oleh Dosen IAI Dalwa di PCNU Kota Probolinggo

Rabu (20/3) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Kota Probolinggo menggelar seminar keluarga bertajuk Pendidikan Yang Utama dan Pertama Bagi Anak. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang seluruhnya adalah Ibu-Ibu dan calon ibu-ibu.

Acara ini merupakan rangkaian acara pra pelantikan, idenya tak lain adalah gagasan dari kawan-kawan ISNU Probolinggo dan disetujui oleh RA. Hamid selaku Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid yang sangat gelisah dengan perkembangan anak saat ini. Maraknya gadget ditengah anak anak banyak tidak diimbangi oleh pengawasan yang baik dari orang tua.

Kecenderungan orang tua dalam memberikan kebebasan penggunaan gawai, ternyata banyak menimbulkan ancaman. Banyak orang tua merasa lebih mudah mengontrol anak-anaknya ketika di dalam rumah bersama handphone daripada bermain di luar rumah.

“Jika kita foto otak anak yang kecanduan gadget, maka foto otak tersebut akan sama dengan foto orang yang kecanduan narkoba” Ujar Cak Alfan Arifuddin,M.Si. saat membuka seminar.

Pemateri yang sekaligus Dosen IAI Darullughah Wadda’wah tersebut menyampaikan kita harus memberikan standart pada nilai-nilai keluarga kita. Jika kita tidak memberi standart maka orang lain yang akan membuat standart. Tidak perlu melihat anak tetangga untuk mengukur kemampuan anak kita, karena itu akan mengganggu perkembangan emosi mereka.

Di tengah acara, ada satu pertanyaan yang menggelitik di antara para peserta. Banyak suami yang menyerahkan pengasuhan anak hanya kepada istri, mereka, para suami enggan dan lebih memilih mencari uang daripada mengasuh anak. Itu adalah tugas istri.

suami seperti ini perlu disadarkan. anak adalah tanggung jawab bersama, sebab buatnya bersama-sama. Mengasuhnya pun harus bersama sama. Meski ada pembagian tugas dalam rumah tangga, tentu pemecahan solusi dalam masalah anak perlu dibicarakan bersama.

Saat akhir sesi, Pemateri bagi-bagi buku gratis ke seluruh peserta yang berjudul 12 cara mendidik sopan santun karya founder pendidikan karakter.com serta launching buku karya Pemateri yang berjudul Stop Phubbing sebuah kumpulan kisah terkait gerakan untuk jauh dari Gawai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *