Seminar “Eksistensi Bahasa Arab” dalam Rangka Memperingati Hari Bahasa Arab Dunia

Bangil, Dalwa Berita- Pada Jum’at pagi pukul 08.00 WIB,  Dalwa mengadakan seminar ilmiah yang bertema “Meningkatkan Eksitensi Bahasa Arab Dunia”. Tujuan diadakannya acara ini tidak lain untuk memperingati Hari Bahasa Arab Dunia serta menjadikan santri lebih giat lagi untuk mendalami Bahasa Arab. Acara tersebut awalnya akan dinarasumberi oleh Syeikh Abdul Qodir al-Yamani, Ustadz Ahmad Makki Lazuardi dan Ustadz Hasan Basri, namun berhubung Syeikh Abdul Qodir sakit dan tidak bisa menghadiri acara pada hari itu, sehingga kehadiran beliau digantikan oleh Ustdaz Shofi Ashnaf.

Acara sesi pertama berlangsung kurang lebih dari dua jam yang membahas tentang tata cara dan tips berbicara Bahasa Arab dengan lancar.  Pada sesi kedua setelah makan siang yaitu pada pukul 11.30 WIB dan shalat Jum’at di Masjid Baitul Ghaffar acara dilanjutkan dengan dinarasumberi oleh Ustadz Hasan Basri. “Wajib bagi kalian para santri untuk belajar bahasa arab ini dengan niat dakwah.” tutur Ustadz Hasan Basri dengan Berbahasa Arab. Seminar pun dilanjutkan oleh Ustadz Ahmad Makki Lazuardi. “Alquran telah Allah jadikan sebagai Bahasa Arab. Karena itu, Bahasa Arab adalah bahasa dari seluruh ilmu dan pengetahuan karena Alquran adalah ilmu dari segala ilmu.” 

Secara mengejutkan, sekali lagi tamu datang tanpa sepengetahuan langsung masuk disambut hangat oleh para peserta seminar. Beliau adalah Syeikh Muhammad as Syami ad Damasykiy. Masuknya beliau adalah untuk menambah beberapa point dan nasehat untuk peringatan Hari Bahasa Arab Dunia. Acara pun ditutup pukul 17.40 WIB  dengan makan malam dan berfoto bersama.Alwi/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *