Sasaran Pelaksanaan KKN Terpadu (PPL-PKL) 2019 Mahasiswa IAI Dalwa di Tosari Pasuruan

Dalam bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, IAI Dalwa kembali berkontribusi dengan mengirimkan sebanyak 230 mahasiswanya untuk melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Terpadu dengan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. KKN kali ini terbagi menjadi 13 kelompok yang tersebar di 3 Desa yang berlangsung selama 25 hari mulai hari Jum’at, 18 November sampai dengan hari senin, 02 Desember 2019

Ust. Imaduddin,M.Pd.I selaku Wakil Rektor I dalam sambutannya mengatakan bahwa implementasi praktis dalam kegiatan KKN ini adalah melakukan pemberdayaan masyarakat melalui peran sosial keagamaan dan pendidikan Islam. Pandangan ini sesuai dengan mainstream Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah yang dikenal sebagai pusat dakwah Islam yang bertujuan  mencetak Da’i yang berkualifikasi akademik tinggi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh mahasiswa merupakan salah satu rangkaian kegiatan akademik yang dirancang, dimonitor dan dievaluasi. Konseptual kegiatan ini dirumuskan menjadi Pemberdayaan Masyarakat dengan menekankan kepada kegiatan dakwah dan pendidikan Islam yang dititik beratkan di setiap dusun pada 3 Desa yaitu Desa Tosari, Desa Baledono dan Desa Podokoyo Kecamatan Tosari yang menjadi tempat kegiatan pelaksanaan KKN 2019.

Ust. Arif Rahman,M.H.I selaku Ketua KKN 2019 menyampaikan bahwa masjid dan  mushalla merupakan instrumen utama  pemberdayaan umat. Dalam kegiatan ini para mahasiswa dikembangkan dan didorong untuk berperan strategis dalam penguatan pendidikan dan dakwah Islam seperti kegiatan MADIN (Madrasah Diniyah), Majlis Ta’lim, Jam’iyah Diba’, Yasin dan Tahlil, Pengajian dan Peringatan hari besar Islam sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam kehidupannya.

Sasaran KKN terpadu dengan PPL-PKL adalah lembaga pemerintah maupun lembaga non-pemerintah yang memiliki relevansi dengan bidang keilmuan Fakultas/Jurusan/Program Studi yang ada di lingkungan IAI Dalwa. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (Prodi PAI, PBA dan MPI) melaksanakan praktik di lembaga pendidikan (sekolah/madrasah) dan instansi terkait dengan bidang akademik yang dikembangkan oleh IAI Dalwa dan sosial keagamaan serta masyarakat sekitar lembaga-lembaga tersebut. Adapun sasaran PKL Fakultas Syariah (Prodi HKI dan ES) adalah lembaga-lembaga Perbankan Syariah, Koperasi syari’ah, Pengadilan Agama, KUA (Kantor Urusan Agama) dan Baitul Mal Watamil (BMT). Sasaran PKL Fakultas Dakwah (Prodi BKI dan KPI) adalah lembaga-lembaga Konsultan keagamaan, lembaga Pers, dan promo pariwisata serta budaya. Sasaran Fakultas Adab (SKI) adalah napak tilas Islam serta keberagaman budaya antar agama di Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan.

Ust Isma’il Ayyub,M.Pd.I selaku Wakil Yayasan Dalwa berharap dengan pelaksanaan KKN maka akan terbentuk sentra kegiatan keagamaan sebagai titik pemberdayaan keluarga muslim baik berupa Masjid, Madin, Pondok Pesantren,  Majlis ta’lim, jama’ah tahlil dan sholawat dan komunitas sejenis, meningkatnya partisipasi warga di desa dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial, terwujudnya ketuntasan bebas kebutaan Baca Tulis Al Qur’an dan bebas keminiman dalam memahami ajaran agama, dalam hal ini ponpes Dalwa memberikan beasiswa penuh hingga perguruan tinggi terhadap 8 putra putri warga Kecamatan Tosari yang lolos seleksi, yang paling akhir beliau berharap para mahasiswa menjadi contoh teladan yang baik bagi seluruh warga serta tetap selalu menjaga lingkungan yang bersih aman sentosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *