PPL dan PKL Terpadu Mahasiswi IAI Dalwa

Program pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan yg sangat urgen bagi mahasiswa. Melalui (PPL) mahasiswa memiliki banyak wawasan dan pengalaman luar biasa yg tidak diperoleh langsung secara real di bangku kuliah.

Mahasiswi IAI Dalwa Bangil Pasuruan melakukan PPL dan PKL di 5 lembaga pendidikan yaitu MIN 1 Mandaran Kota Pasuruan, SD al-Anwar kota Pasuruan, SDI Ma’arif dan SMPI Ma’arif kota Pasuruan dan MI al-Falah Kejayan Pasuruan. Tahun ini kegiatan PPL dan PKL di ikuti oleh semua Prodi mahasiswi (PAI, PBA, MPI, BKI dan ES).

Kegiatan ini bertujuan, bagi prodi PAI dan PBA untuk melakukan pemantapan kemampuan profesional guru. Prodi MPI untuk mendalami terkait manajemen madrasah. Prodi BKI untuk menggali permasalahan siswa dan berupaya memberi solusi. Selanjutnya prodi ES untuk mengetahui bagaimana pengelolaan koperasi dan kantin madrasah.

Walaupun hanya dilaksanakan pada 25 Januari 2019 dan 1 Februari 2019, sambutan hangat diberikan oleh semua kepala sekolah khususnya kepala sekolah MIN 1 Mandaran Kota Pasuruan beserta guru dan staf lainnya. Mahasiswi Prodi PAI dan PBA langsung praktek mengajar dengan menggunakan berbagai metode seperti tanya jawab, belajar berkelompok juga mengajarkan siswa kosa kata Arab dan bernyanyi dengan berbahasa Arab. Mahasiswi prodi MPI wawancara langsung pada kepala dan staf TU MIN 1 Mandaran kota Pasuruan terkait manajemen madrasah. Begitu pula mahasiswi prodi BKI, mereka membimbing siswa yg mengalami kesulitan membaca dan memiliki permasalahan lainnya. Mahasiswi ES pun melakukan observasi bagaimana pengelolaan koperasi dan kantin sehat di MIN 1 Mandaran Kota Pasuruan.

Kegiatan PPL diakhiri dengan memberikan cindera mata berupa sertifikat, buku-buku karya Rektor IAI Dalwa Bangil Pasuruan dan kalender, selanjutnya foto bersama. Pesan yg luar biasa disampaikan oleh Kepala MIN 1 Mandaran Kota Pasuruan adalah semoga semua mahasiswi IAI Dalwa Bangil Pasuruan dapat mengamalkan ilmu sesuai keahliannya di daerah tempat tinggal mereka.(mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *