Pembukaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Masa Pandemi

Bangil, Dalwa Berita- Sebanyak 153 mahasiswa IAI Dalwa mengikuti pembukaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di lingkungan pesantren Darullughah Wadd’awah pada Rabu (12/06/2021). Kegiatan tersebut diisi dengan pengarahan dari para pembimbing yang bertempat di Qo’ah Ammah.

Ustadz Ahmad Djuwaini, S.Ag., M.Pd. sebagai ketua panitia mengatakan bahwa PKL ini masih tetap dilaksanakan di dalam lingkungan pesantren karena pandemi.

“Tetap di Dalwa, karena pandemi kita tidak boleh keluar,” ujarnya. Dosen yang ditunjuk sebagai Kepala LPkM itu juga mengatakan bahwa PKL di pesantren juga penuh dengan banyak pengalaman. “Pengalaman di sini (pesantren) juga kaya, tidak kalah,”

Beliau juga memaparkan teknis PKL yang akan dilaksanakan selama 3 minggu itu.

“Teknisnya adalah teman-teman disuruh masuk ke unit-unit untuk magang di sana. Kalau prodi PAI sama PBA terlibat di dalam kegiatan keguruan, mengajar dan sebagainya. Kalau SKI lebih banyak kepada penguatan kemampuan prodi di dalam penelusuran Turats. Kalau ekonomi syariah, Ya. Ke unit-unit bisnis, Gitu Ya. Kalau BKI Ya penyuluhan kasus ke BKI-an,” jelasnya.

Samsul Arifin, selaku koordinator mahasiswa meyakinkan bahwa peserta PKL bisa membuat kegiatan yang membuat Abuya Zein senang.

“Insya Allah PPL, PKL dan KKN untuk tahun 2021 akan membuat suatu kegiatan yang bisa membuat Abuya senang, karena memajukan pondok pesantren itu sendiri,” ucap mahasiswa asal Madura itu pada tim Dalwa Berita.Atep/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *