Pelatihan Sitasi Aplikasi ZOTERO di UIN Malang

Dalam rangka meningkatkan kemampuan peneliti dosen untuk menulis publikasi ilmiah, Dosen IAI Dalwa mengikuti pelatihan penggunaan perangkat lunak pustaka untuk mempermudah peneliti dalam mengorganisasi dan melakukan penulisan pustaka.

Sebanyak 6 Dosen IAI DALWA yaitu Imaduddin M.Pd.I (Wakil Rektor I), Avicena, M.Pd.I, A. Sahrandi,M.Pd.I, Jaudi, M.Pd.I, Suryanto,M.Pd.I, Vialinda Siswati, M.Pd. mengikuti kegiatan yang di adakan oleh Kampus UIN Malang pada hari Kamis sampai Jumat 11 – 12 Oktober 2018.

Faizuddin Harliansyah,MIM. (Kepala Perpustakaan UIN Malang) sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang aplikasi Zotero yang secara umum memiliki fungsi: mengumpulkan, mengelola, mengutip, men-sinkronisasi (menyesuaikan), berkolaborasi. Beliau menambahkan penjelasannya bahwa dengan menggunakan aplikasi ini, penyimpanan artikel-artikel yang menjadi rujukan dalam penulisan karya ilmiah akan lebih mudah untuk ditemukan kembali. Lebih penting dari itu, aplikasi tersebut membantu untuk melakukan kutipan dari berbagai sumber informasi dengan menggunakan style yang dipilih. Pengguna zotero juga dapat mengutip dari satu sumber atau menggabungkan dari berbagai sumber untuk informasi yang sama. Semuanya dilakukan dengan mudah dan otomatis.

Disamping itu, aplikasi ini juga dapat menyajikan seluruh daftar bibliografi yang digunakan dalam karya tulis hanya dengan sekali perintah. Selanjutnya, aplikasi akan bekerja secara otomatis. Pengguna tidak perlu repot-repot untuk mengedit daftar bacaan ketika mengedit sitasi (kutipan) didalam artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *