Otomasi Perpustakaan demi optimalisasi layanan kepada Mahasiswi IAI Dalwa dan seluruh Santriwati

Jajaran biro perpustakaan putri IAI Dalwa pada 18/2 mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh segenap pengurus perpustakaan jamiah (kampus) dan ma’had dalam rangka peningkatan dan optimalisasi layanan perpustakaan. Acara tersebut berlangsung di perpustakaan Khadijah Al-kubro dan menghadirkan pakar berpengalaman dibidangnya, Dr. Hasballah, Kepala subbag informasi akademik UINSA Surabaya dan mantan kepala perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dan inisiator perkumpulan perpustakan PTI (Perguruan Tinggi Islam) se-Indonesia.

Secara gamblang beliau menjelaskan mengenai pentingnya otomasi atau digitalisasi perpustakaan. Bantuan teknologi inilah yang nantinya akan mempermudah mahasiswi dalam mengakses informasi berupa buku, jurnal maupun karya ilmiah lainnya, sehingga diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang terkait dengan referensi. Konsep digitalisasi ini juga dapat mensinergiskan antara perpustakaan putri dan putra hingga terjalin saling tukar informasi dan koleksi. Dengan otomasi, pihak perpustakaan dapat memaksimalkan kinerjanya, sebagai contoh, pencarian buku dengan sistem OPAC (Online Public Access Catalogue) secara interaktif mampu mengefisiensikan waktu serta tenaga, dan anggotapun diuntungkan dengan berbagai jumlah koleksi yang tak terbatas.

Diakhir acara beliau memberikan program digital perpustakaan Senayan Library Management System (SLIMS) juga mengagendakan pelatihan dasar-dasar kepustakawanan bagi pengurus sebagai tindak lanjut nyata.(alv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *