“Makna Isra’ Mi’raj” Oleh Dosen IAI Dalwa di Majlis Darun Nur Pasuruan

Peristiwa Isra’ dan Mi’raj bagi umat Islam menjadi fenomena sejarah yang sungguh luar biasa, terjadi satu tahun sebelum hijrah (10 tahun dari masa diutusnya Nabi Muhammad sebagai Nabi) pada malam Isnain tanggal 27 Rajab.

Dalam memperingatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw., H. A. Sahrandi,M.Pd.I Dosen IAI Dalwa memaparkan makna Isra’ Mi’raj pada Jam’iyyah Maulid Habsyi “Darun Nur” Pohjentrek Pasuruan diantaranya adalah yang pertama, Isra’ dan Mi’raj adalah perkara yang haq karena sharih (sangat jelas dan eksplisit) disebutkan dalam Al-Qur’an, sebuah kejadian yang pasti terjadi, pasti benar, tak ada keraguan sama sekali meskipun akal manusia tidak dapat menjangkau.
Semua hal aneh ini terjadi dalam rangka menguji dan mengukur ketebalan iman seseorang, sebab manusia tersesat adalah orang yang hanya mengukur sebuah kebenaran hanya bersandar pada akal semata.

Kedua, sebelum Nabi Muhammad menghadap Allah SWT (mi’raj), beliau dibedah dadanya, dibersihkan hatinya meskipun hati Nabi sebenarnya sudah pasti bersih karena beliau ma’shum (suci dari dosa). Sebagaimana yang ditulis pengarang Simthut Durrar, Habib Ali Al Habsyi: “Malaikat tidak menghilangkan kotoran dari hati Nabi, tetapi agar hati yang suci semakin menjadi suci”. Pembersihan hati ini dilakukan sebelum Rasulullah menerima tugas shalat lima waktu.

Ini juga pelajaran bagi kita sebagai umatnya yang banyak dosa bahwa saat akan menghadap Allah SWT hendaknya lebih dahulu kita bersihkan hati kita masing-masing. Maksudnya, apabila kita shalat harus dimulai dengan hati yang suci, khusyu’ tidak memikirkan bab dunia. Sampai Allah SWT berfirman menggunakan lafadz  “Iqâmatusshalâh tidak sama dengan fi’lusshalâhFi’lusshalâh yang penting melakukan rukun dan syarat shalat sudah disebut fi’lusshalâh. Tetapi Iqâmatusshalâh yang maknanya adalah: Melaksanakan shalat dengan menjalankan syarat-rukun shalat  yang dhahir dan syarat-rukun shalat yang bathin, yaitu khusyu’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *