Mahasiswa KPI IAI DALWA Studi Banding ke TV9 Surabaya

Surabaya.Jum’at 23 Maret 2018. Program Studi KPI IAI Dalwa melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Surabaya. PPL ini dilaksanakan oleh tujuh orang mahasiswa KPI IAI Dalwa. Pelaksanaan PPL  guna memberikan pengalaman kepada mahasiswa proses produksi media dan manajemen bisnisnya. PPL ini dilaksanakan di salah satu stasiun televisi religi pertama di Indonesia. TV9 menjadi sasaran tempat mahasiswa mendapatkan pengalamannya dalam bidang media pertelevisian. PPL ini didampingi langsung oleh dua orang dosen KPI dan ketua Prodi KPI IAI Dalwa, Novianto Puji Raharjo,S.Kom,M.I.Kom. Kedatangan KPI IAI Dalwa disambut langsung oleh salah satu Direktur TV9 Bapak Sururi. Pak Sururi memberikan kelas kecil tentang akademik, manajemen bisnis dan manajemen teknis dalam produksi televisi.

Mahasiswa KPI IAI Dalwa memasuki ruang kontrol untuk mengamati proses gambar dipilih sebelum dikirim ke ruang penyiaran dan disiarkan melalui pemancar juga streaming. Pada saat PPL mahasiswa melihat langsung produksi TV9. Program Jurnal yang disiarkan secara langsung. Proses syuting diamati oleh para mahasiswa sampai selesai.

Setelah proses syuting selesai. Mahasiswa diajak berkeliling ke seluruh ruangan kerja yang ada di TV9. Banyak diskusi yang terjadi antara nara sumber, bapak Sururi dengan Mahasiswa KPI IAI Dalwa. Wawasan berbagai pertanyaan didiskusikan dengan baik. Banyak wawasan yang bermanfaat diperoleh dari PPL ini.

Sebelum kegiatan PPL diakhiri, KPI II Dalwa diwakilkan oleh Ketua Prodi menyampaikan tanda terima kasih kepada pihak TV9. PPL ini menjadi jalan kerjasama selanjutnya antara IAI Dalwa dengan TV9. Harapan TV9 dapat menjadi laboratorium media bagi kampus dan bersama IAI Dalwa mengembangkan Komunikasi Penyiaran Islam. Mahasiswa pun diberi kesempatan yang luas untuk program magang di TV9. Penelitian skripsi pun terbuka luas bagi mahasiswa KPI di TV9.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *