Mahasiswa IAI Dalwa Raih Kejuaraan Mafahim Tingkat Nasional

Situbondo, Dalwa Berita- Haiah Assofwah al Malikiyyah kembali melaksanakan Olimpiade Mafahim Nasional (MAFAHIM) pada (03-05/09/19), bertempat di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo. Omnas kali ini merupakan Omnas ke-3. Adapun untuk yang pertama dilaksanakan di Pondok Pesantren Assuniyah Kencong , Jember dan yang kedua di Pondok Pesantren Dalwa.

Dalam perkembangannya Omnas terus mengalami kemajuan-kemajuan dan juga mendapat sambutan yang baik dari alumnni serta masyarakat, hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah peserta yang terus meningkat, terhitung untuk omnas ketiga ini ada 50 lembaga yang ikut serta, dan jumlah peserta mencapai 435 peserta.Adapun Lomba yang diselengarakan pada olimpiade kali ini ialah: Cerdas Cermat, Baca Kitab Kuning, Film Pendek, Presentasi Mafahim dan Insyad Syami , sedangkan jurinya merupakan orang-orang pilihan yang sudah pakar di bidangnya masing-masing.

Para peserta lomba sangat antusias dan bersemangat dalam kegiatan lomba-lomba yang dilaksanakan. Omnas kali ini pun tak kalah meriah dan menarik seperti yang telah dilaksanakan di Pondok Pesantren Assuniyah dan Pondok Pesantren Dalwa. Saat pengumuman hasil lomba, santri Dalwa kembali mengharumkan nama Dalwa dengan meraih beberapa gelar kejuaraan dalam Olimpiade Mafahim tingkat nasional tersebut.

Dalwa pada Omnas kali ini mengirimkan tiga kelompok delegasi: Ponpes Dalwa, IAI Dalwa, dan Dalwa Ba’alawi. Diantara lomba-lomba yang dimenangkan santri Dalwa ialah: Pertama, Cerdas Cermat, pada lomba yang bergengsi ini kelompok Ponpes Dalwa meraih juara satu dengan tiga orang anggota yaitu: Hamzah, Nizar dan Fikri Syafi’i. juara kedua oleh kelompok IAI Dalwa beranggotakan : Maulana al Hinduan, Nabil dan Reza.  Dan juara harapan diraih oleh Dalwa Ba’alawi yang beranggotakan: Abdur Rozak, Atoillah Mahfud dan Muhammad Mujibuddin. Kedua, film pendek pada kategori ini Ponpes Dalwa meraih juara ke-2, film tersebut dipresentasikan oleh Adil Rahmatullah yang merupakan salah satu anggota DMM dengan perolehan poin yang mencapai 1377 poin. Ketiga Insyad Syami, Ponpes Dalwa meraih juara satu dengan poin 198 dan IAI Dalwa juara ke-3 dengan poin 196. Tiga cabang lomba inilah yang dimenangkan santri Dalwa, sedang dua cabang lomba yang lain Insyaallah akan berusaha Dalwa raih di Omnas selanjutnya yang rencanannya akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Pujon.

Diantara tujuan diadakannya Omnas sendiri sebagaimana yang dituturkan oleh sekretaris Haiah Assofwah, KH. Kamal Mukhlis,  “Untuk menambah ilmu, untuk menambah wawasan, untuk menambah pengetahuan, baik itu hubungannya dengan Ahlus Sunnah Wal jamaah ataupun dengan Haiah Assofwah al Malikiyah atau dengan pribadi Abuya Sayyid Muhammad dan Abuya Sayyid Ahmad. Hernando/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *