Lembaga Penelitian IAI Dalwa Menyelenggarakan Pelatihan Academic Writing & Pendalaman Fitur-fitur Turnitin dengan Perpus Pusat UIN Malang

Malang, 23 Maret 2018. Setelah beberapa waktu yang lalu dosen-dosen dikirim untuk mengikuti pelatihan parafrase sebagai langkah pencegahan tindakan plagiasi, maka kali ini Lembaga Penelitian (Lemlit) IAI Dalwa makin serius untuk mendalami ini terutama dalam hal penulisan karya ilmiah maupun hasil-hasil penelitian yang akan dipublikasikan. Lemlit IAI Dalwa sebagai koordinator panitia menyelenggarakan “Pelatihan Academic Writing & Pendalaman Fitur-fitur Turnitin”.

Acara ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang bertempat di lantai 1 Rumah Jurnal Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pemateri dalam pelatihan ini ialah Muchamad Adam Bashori, M.Tesol dan Kepala Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Bapak Faizudin Harliansah, M.IM.

Kepala Perpus Pusat UIN Malang, Pak Faiz (panggilan akrab beliau) mengatakan: “Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk layanan Perpus Pusat UIN Malang dalam melayani mahasiswa dan dosen dalam melakukan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, utamanya dalam hal Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Acara ini diselenggarakan dalam rangka membentuk budaya literasi kepada seluruh mahasiswa, dosen, maupun peneliti.” Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa S2 dan mahasiswa S3 yang sedang menyelesaikan studinya di UIN Malang.

Moch. Khafidz Fuad Raya, M.Pd.I. selaku Koordinator Panitia Pelatihan ini dan juga sebagai Wakil Lemlit IAI Dalwa mengatakan: “Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk semangat belajar kami sebagai mahasiswa Doktoral dan juga sebagai Dosen di PTKI untuk melakukan riset-riset ilmiah dan publikasi. Kami punya keinginan untuk membentuk iklim akademik yang berbasis riset, sehingga para mahasiswa dan dosen maupun peneliti mempunyai kesadaran yang tinggi akan pentingnya penelitian dan publikasi ilmiah, terutama dalam hal publikasi ilmiah kita sangat lemah, hal ini terbukti kualitas hasil-hasil riset yang ditulis belum mampu menguasai prosentase dominan hasil-hasil penelitian yang terbit di Jurnal Internasional Bereputasi.

Acara ini masih akan terus dilaksanakan lagi dengan agenda yang berbeda secara kontinyu setiap minggunya, dan acara-acara tersebut disuport oleh Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Ujarnya.
Melalui acara seperti ini diharapan iklim dan budaya literasi di kalangan akademisi pada PTKI bisa tumbuh dan berkembang, sehingga Indonesia tidak tertinggal dalam hal riset dan publikasi ilmiah, terutama pada di kalangan PTKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *