Kontribusi dan Partisipasi IAI Dalwa dalam FESyar Indonesia 2019

Kegiatan FESyar (Festival Ekonomi Syari’ah) Indonesia 2019 yang digelar di Grand City Convention Mall Surabaya resmi dibuka oleh Deputi Bank Indonesia, Dodi Waluyo dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (6/11/2019) malam.

Khofifah mengatakan, “melalui program One Pesantren One Produk, yang digagas Pemda Jawa Timur diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.”

FESyar Indonesia 2019 merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap visi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia.

FESyar Indonesia 2019 adalah suatu platform strategis yang dibangun secara terintegrasi dengan melibatkan banyak pihak di bawah naungan Komite Nasional Keuangan Syariah, dalam rangka menampilkan capaian-capaian yang telah dilaksanakan secara nasional, serta perumusan rekomendasi kebijakan yang dapat mendukung implementasi strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Hal ini tercermin dari 3 pilar yang digagas, yakni pilar Pemberdayaan Ekonomi, Pilar Pendalaman Pasar Keuangan Syariah, serta Pilar Riset dan Edukasi.

FESyar Indonesia 2019 ini pula merupakan rangkaian kegiatan Internasional Syariah Economic Festival (ISEF) yang berlangsung pada 12-17 November 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), dan turut dihadiri oleh investor-investor kelas dunia seperti Dubai Islamic Economic Development Centre, Japan International Cooperation Agency, dan lain-lain.

Dengan kesadaran akan pentingnya komitmen yang kuat dalam mewujudkan sinergi antar pemangku kepentingan di Indonesia agar lebih meningkatkan peranan ekonomi dan keuangan syariah bagi perekonomian nasional, IAI
Dalwa mengambil inisiasi berkontribusi dalam bersinergi membangun ekonomi syariah melalui kegiatan forum berupa rangkaian seminar dengan area substansi mencakup Pemberdayaan Ekonomi Syariah, Pendalaman Pasar Keuangan Syariah, Pemberdayaan Islamic Social Finance, Edukasi/Kurikulum Ekonomi serta Keuangan Syariah.

Tidak ketinggalan, IAI Dalwa juga berpartisipasi dalam Pameran & Expo Halal Food, Fesyen Muslim, serta ikut mengenalkan beberapa produk unggulan yg dimiliki dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi pesantren.

Semoga FESyar Indonesia 2019 ini bisa memberi motivasi tersendiri bagi pelaku Usaha Kecil Menengah pada tingkat internal institusi Dalwa yang tergabung dalam komunitas Himpunan Pengusaha Muda Al Hasaniyyah, serta seluruh pegiat ekonomi syariah pada skala yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *