Dosen IAI Dalwa Memberi Pelatihan Menulis di Media kepada Mahasiswa PKU Unida Gontor

 

Kholili Hasib, S.Pd, M. Ud, dosen dan sekprodi SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) IAI Dalwa berbagi pengalaman menulis di Univeristas Darussalam (Unida) Gontor Ponorogo pada Senin dan Selasa (17/18) September 2018.

Kholili Hasib, yang pernah mencicipi dunia jurnalistik di beberapa media Islam itu memberi materi “Media dan Tantangan Pemikiran Islam”.

Para peserta yang mengikuti pembekalan menulis ini adalah mahasiswa PKU (Program Kaderisasi Ulama) angkatan ke-12. Mahasiswa PKU terdiri dari guru pondok, dosen, kader MUI daerah dan da’i muda. Program ini merupakan kerjasama antara Unida dengan MUI Pusat.

“Seorang pendakwah dan ulama sekarang harusnya memiliki kemampuan menilis di media”, ujar Kholili.

Kholili berbagi pengalaman menulis di media-media Islam. Menurutnya, kita masih kekurangan tulisan-tulisan mencerahkan, berbobot dan memberi solusi.

“Gaya tulisan yang harus kita hadirkan adalah tulisan bergizi dan menjawab persoalan umat pada era kontemporer”, tegasnya.

Banyak sekali persoalan-persoalan yang memerlukan jawaban logis, ilmiyah dan tidak keluar dari koridor syariah.

Kholili menambahkan, bahwa isi tulisan kita harus ber-worldview Islam tetapi berkualitas. Era sekarang perang media. Pandangan umat mudah dipengaruhi media. Maka kita harus bermain peran di sini.

Dosen dan peneliti ini kemudian berbagi trik menulis. Mulai memilih judul menarik, membuat tesis statemen, topik utama dan bagaimana tulisan yg ber-framework Islami itu. (sh).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *