Bedah Kitab “Durus al-Qawaid al-Fiqhiyyah” Oleh Dosen al-Ahqaf Hadramaut Yaman di Dalwa

Bangil, DalwaBerita- Pondok pesantren Dalwa kembali kedatangan tamu istimewa yaitu Dosen di Universitas al-Ahgaf Hadramaut Yaman (14/01/2020) Dr. Al-Habib Abdurrahman bin Abdullah As-Segaf Ketua Prodi Fiqh dan Ushulnya di Fakultas Hukum dan Syariah Universitas al-Ahqaf yang juga termasuk salah satu Mufti Hadramaut Yaman.

Kedatangan beliau pada pukul 14.30 WIB disambut langsung oleh Mudirul Ma’had Darullughah wadda’wah Abuya Habib Zain Baharun di kantornya. Setelah itu, beliau langsung memulai Daurah ilmiyah di masjid Bait al-Ghaffar dengan menjelaskan kitab karangan beliau sendiri yang berjudul, “Durus al-Qawaid al-Fiqhiyah

“Dasar-dasar dalam hukum syariat Islam itu ada dua bagian. Pertama, ushul fiqh. Kedua, Qawaid al-fiqhiyah.” Jelas beliau membuka pembahasan dengan menggunakan bahasa Arab yang fasih.

Dalam pertemuan pertama di siang hari itu, beliau membahas tuntas masalah Qiyas. Mulai dari cara pengambilan hukum asalnya, peng-qiyas-an dengan permasalahan lain, sampai batasan-batasan yang tercakup dalam masalah Qiyas.

Daurah ilmiyah tersebut dilanjutkan kembali setelah sholat Maghrib, para peserta Daurah ilmiyah ini pun dikhususkan untuk santri-santri yang duduk di kelas Tsanawiyah dan Aliyah Diniyah.RanggaMangkoso/red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *